Senin, 07 Agustus 2017

Sariawan Tidak Kunjung Pulih, Waspada terhadap Kanker Lidah!

Satu diantara penyakit yang cukup mengerikan serta mesti kita cermati yaitu kanker lidah. Bagaimana tidak, penyakit ini nyatanya mempunyai potensi mematikan yang cukup besar.
Satu diantara tanda dari kanker lidah yang sering tidak sadari yaitu sariawan yang terdapat pada lidah tetapi tidak kunjung pulih serta lebih dari dua minggu.

Pakar kesehatan Profesor Dr. dr. Tjakra Wibawa Manuaba, M. P. H, Sp. B (K) Onk mengatakan kalau ada hal yang tidak sama pada tanda kanker lidah dengan sariawan pada umumnya.



Pada tanda kanker lidah, ada sisi kulit yang merasa lebih keras di sekitaran luka. Hal semacam ini begitu berlainan dengan tanda sariawan yang malah kulitnya merasa lunak. dan sariawan juga relatif dapat berubah, serta tanda - tanda pada  kanker lidah relatif ada ditempat yang sama. Bukannya pulih, luka pada lidah ini malah juga akan menonjol serta mengeras seperti kembang kol.

Pakar kesehatan mengatakan, kanker lidah termasuk juga dalam penyakit yang pantas diwaspadai oleh orang dewasa, terlebih bila mereka relatif sukai rokok, menenggak alkohol, tidak melindungi diri pada kebersihan gigi serta mulut, dan memakai gigi palsu yg tidak dipasang serta dirawat dengan baik.

Bila kanker lidah telah didapati di fase awal, jadi sistem penyembuhannya dapat dikerjakan lewat cara operasi. Seperti pernah ditulis doktersehat, bila kanker lidah ini telah dalam fase akut, jadi prosedur operasi tidak dapat dikerjakan serta penderitanya mesti lakukan kemoterapi atau radiasi.

Umumnya, mereka yang telah alami kanker lidah fase akut juga akan susah untuk memperoleh kesembuhan. Mereka juga juga akan alami problem seperti lidah yang membengkak, sampai kesusahan untuk minum dan makan karna lidah alami rasa sakit yang parah. Bila hal semacam ini berlangsung, jadi Ia juga juga akan memiliki resiko besar untuk meninggal dunia.