Minggu, 31 Mei 2020

Begini cara menghemat tagihan listrik, nomor 3 harus diganti

Penggunaan Listrik dalam kehidupan sehari – hari telah menjadi hal yang utama, seperti penggunaan alat – alat rumah tangga atau barang elektronik,  membutuh listrik untuk menghidupkannya. Memang zaman sekarang orang lebih mudah untuk mendapatkan barang elektonik rumah tangga. Namun, kebanyakan penggunaan barang elekronik tersebut akan membuat tagihan listrik rumah anda menjadi besar. Nah, untuk itu kita harus mengetahui apa saja barang – barang elektronik yang membuat tagihan listrik  dirumah anda menjadi besar. Seperti yang pernah ditulis oleh blog.bhinneka.com pada tanggal  20 Agustus 2016 yang lalu. Semoga cara ini dapat menghemat tagihan listrik dirumah anda.

1. Tidak menggunakan mode stand by


Sebagian perangkat elektronik di rancang menggunakan mode stand by, memang hal tersebut memudahkan anda dalam mengoperasikan barang – barang elektronik. Namun, mode stand by itu tetap menggunakan daya listrik, walaupun sedikit. Sebaiknya anda mencabut kabel dan tidak menggunakan mode stand by agar listrik tidak terbuang percuma.

tarif listrik
sumber gambar : pixabay.com

2. Barang elektronik yang paling banyak menggunakan listrik


Ada beberapa barang elektronik seperti mesin cuci, Kulkas, Pengering rambut, microwave dan barang elektronik lainnya yang paling sering digunakan. Barang elektronik tersebutlah pemicu membengkaknya tagihan listrik dirumah anda. Sebaiknya anda mengurangi pemakaian barang elektronik tersebut yaitu menggunakannya pada saat penuh.

3. AC menguras listrik


Membersihkan Ac akan sangat berpengaruh pada kinerja mesin AC, sebaiknya anda menjaga kebersihan mesin AC dan juga selalu menjaga AC tidak kekurangan Freon pada tenaga ahli. Karena AC yang kotor dan kekurangan Freon akan menguras listrik dirumah anda. Atau sebaiknya anda mengganti AC anda yang telah usang, sehingga anda bisa lebih menghemat biaya listrik.

Selain itu anda juga harus menutup ventilasi ruangan yang dipasang AC, tujuannya agar kerja AC lebih efesien. Karena, udara yang keluar masuk akan membuat mesin AC terus menyala untuk mendapatkan suhu yang telah ditentukan.

Memang pada zaman dahulu penggunaan barang elekronik yang begitu banyak tidak menjadi masalah. Hal tesebut karena dahulu biaya listrik masih relatif murah. Namun dengan naiknya tarif listrik kita harus lebih teliti membeli barang elektronik. Sebaiknya memilih yang berlogo energy star atau elekronik yang hemat energy.

Penggunaan lampu LED atau CFL juga sangat berpengaruh pada biaya listrik rumah anda. Sebaiknya ada menggunakan lampu LED atau CFL agar biaya listrik jadi bersahabat.

Selain itu anda bisa menggunakan udara bebas agar tidak selalu menggunakan pendingin udara atau AC. Semoga artikel ini bermanfaat mengurangi biaya listrik dirumah anda.