Jumat, 01 Mei 2015

Memanfaatkan Kopi Untuk Kesehatan Tubuh

Memanfaatkan Kopi Untuk Kesehatan Tubuh - Memimum kopi dipagi hari sudah menjadi kebiasaan sebagian masyarakat Indonesia, minuman yang berwana hitam yang berasal dari proses pengolahan ekstraksi biji tanaman kopi yang dikeringkan kemudian dihaluskan hingga menjadi bubuk dan diseduh air panas tersebut menjadi hal yang wajib untuk di konsumsi setiap hari.

Mungkin anda pernah berfikir, apakah kopi yang mengandung tinggi cafein tersebut tidak baik bagi kesehatan?. Sebenarnya tidak sepenuhnya kopi menjadi minuman yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita,  jika anda mengkonsumsinya dengan tepat dan teratur serta juga anda tidak mencampurkan gula terlalu berlebihan kopi akan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dan bagi anda yang bermasalah dengan lambung sebaiknya mengkonsumsi kopi setelah makan.

1  s/d 2 Cangkir Kopi Perhari 

Ada penelitian yang menemukan bahwa dengan meminum kopi dapat mengurangi depresi hingga 10 % dari orang yang sama sekali tidak meminum kopi. Apalagi dengan kegiatan sehari – hari  yang padat, dengan meminum 1  s/d 2 cangkir perhari akan sangat membantu mengurangi depresi, dari pada anda  mengkonsumsi minuman bersoda yang tinggi kadar gulanya. Sangat dianjurkan meminum kopi dengan kadar gula yang sedikit sehingga manfaat kopi lebih baik. Aroma kopi diyakini akan sangat membantu mengurangi stres, karena memicu aktifitas gen untuk melindungi saraf. Walaupun demikian para peneliti menganjurkan tidak mengkonsumsi kopi hingga 4 cangkir sehari, karena itu sangat merugikan.



Dengan meminum kopi secara teratur  juga akan mengurangi penyakit autoimun langka yang mengakibatkan gagal hati, sirosis hati, dan bahkan kanker . selain itu jika dikonsumsi secara teratur juga bisa mengurangi nafsu makan sehingga sangat baik bagi orang  sedang menjalankan program menurunkan berat badan. Hal itu terjadi karena tubuh kehilangan cairan akibat mengkonsumsi kafein dan mengakibatkan tubuh memproses panas dan energi. Untuk itu sabaiknya anda segera mengantikan cairan tubuh anda dengan mengkonsumsi air putih.

Selain suasana hati menjadi lebih baik, dengan meminum kopi secara teratur  juga akan sangat membatu konsentrasi dan memperlambat terjadinya penyakit neurodegenerative  dan kopi juga akan membantu anda dalam menurunkan 25 persen resiko terkena diabetes tipe II karena terdapat kromium dan magnesium.