Jumat, 04 Desember 2015

Empat Kebiasaan Yang Membuat Ginjal Anda Menjadi Sakit


Empat Kebiasaan Yang Membuat Ginjal Anda Menjadi Sakit - Ginjal merupakan bagian dari tubuh yang sangat penting untuk anda jaga.  Dari sekian banyak penyakit yang ganas, penyakit ginjal termasuk didalam penyakit ganas tersebut. Jika ginjal pada tubuh seseorang telah rusak atau sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya, dipastikan tubuh akan merasakan sakit yang sangat hebat.

Peran ginjal pada tubuh manusia sangatlah berarti sekali. Dimana jika ginjal sudah rusak atau tidak bisa berfungsi lagi, maka ginjal tidak bisa melakukan kerjanya yaitu detoksifikasi darah dan menyaring limbah dari urine.

Manfaat ginjal sangat dirasakan oleh tubuh manusia, untuk itu kesehatan pada organ tubuh yang bernama ginjal ini haruslah dirawat dan dijaga dengan sebaiknya. Nah, untuk itu saya akan tulisakan Empat kebiasaan yang membuat Ginjal anda menjadi sakit didalam artikel ini dan sebaiknya kebiasaan tersebut harus ditinggalkan.

Empat kebiasaan yang membuat Ginjal anda menjadi sakit
Empat kebiasaan yang membuat Ginjal anda menjadi sakit
1.    Malas/menunda buang air kecil

Pada saat anda sudah merasakan atau mendapatkan signal ingin membuang air kecil, segeralah anda pergi ke – toilet dan buanglah air kecil anda tersebut. Karena kondisi kandung kemih yang terisi air/urine yang anda pertahankan tersebut merupakan sumber kerusakan yang terjadi pada ginjal anda. Hal tersebut akan merusak jaringan pada ginjal anda. Dimana keaadan kandung kemih yang penuh terdapat bakteri yang berkembang biak, jadi pada saat kondisi urine anda berada lama dalam kandung kemih karena anda menahan buang air kecil, maka bakteri tersebut akan berkembang biak didalam urine anda. Maka sangat dianjurkan tidak menunda buang air kecil.

2.    Sedikit sekali minum air putih
 
Manfaat minum air putih sangat wajib anda ketahui, dan meminum air putih tersebut haruslah dalam jumlah yang banyak setiap harinya. Karena sedikit sekali minum air putih akan mengakibatkan tubuh mengalami dehidrasi dimana keadaan tersebut akan mengakibatkan ginjal anda menjadi rusak. Biasakan minum air putih 12 gelas sehari tapi jangan juga anda mengkonsumsinya secara berlebihan. Dimana sesuatu yang berlebihan itu tidak baik untuk kesehatan tubuh anda.

3.    Banyak Makan Garam

Banyak makan garam yang dimaksud adalah arti sebenarnya yaitu mengkonsumsi garam. Memang mengkonsumsi garam sangat baik untuk kesehatan dimana garam mengandung yodium. Namun, harus anda ketahui dengan mengkonsumsi garam secara berlebihan maka garam tersebut akan membuat ginjal anda menjadi rusak. Jika anda mengkonsumsi makanan dengan kadar garam yang begitu banyak, maka ginjal anda akan bekerja begitu ekstra, hanya untuk mengeluarkan garam yang anda konsumsi tersebut. Nah,  pada saat itu fungsi ginjal anda akan turun yang berefek naiknya tekanan darah, maka kesehatan ginjal anda terancam.

4.    Banyak mengkonsumsi obat 


Bagi orang yang sering mengkonsumsi obat – obatan, maka sangat dianjurkan tidak mengkonsumsinya lagi. Kenapa?, karena, Obat seperti pereda nyeri akan mengakibatkan kerusakan ginjal anda. Dimana analgesik akan mengurangi aliran darah ke ginjal anda dan mengakibatkan memburuknya kerja ginjal.  Jika penggunaan obat – obatan secara jangka panjang berakibat gagal ginjal akut atau nefritis interstitial kronis.
Nah itulah Empat kebiasaan yang membuat Ginjal anda menjadi sakit dan harus kita hindari agar ginjal tetap terjaga dengan baik. Semoga ada manfaatnya.