Minggu, 03 September 2017

Cara Memandikan Kucing

Kucing adalah makhluk yang sangat bersih, namun ada saatnya mereka perlu mandi. Kadang – kadang si pemilik kucing pada saat mengelus kucingnya tersebut menemukan kutu atau bisa saja kucing sedang bermain di bawah mobil terkena dengan minyak yang tumpah sehingga kucing tersebut harus dibersihkan. Namun kita harus terlebih dahulu mengetahui cara memandikan kucing dengan baik dan benar sebelum memandikannya.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Kucing sangat senang berada di sekitar manusia, seperti kebanyakan kucing, mereka cenderung tidak menyukai air. Namun ada juga beberapa kucing yang ingin tahu dan tidak merasa keberatan jika bulunya dibasahi.

Lalu yang sering menjadi pertanyaan adalah bagaimana memandikan kucing jika kucing tersebut tidak biasa dan tidak mau kena dengan air?

Cara Memandikan Kucing

Cara Memandikan Kucing yang Galak

Diperlukan beberapa persiapan sebelumnya, agar pada saat anda memandikan kucing kesangan anda menjadi lebih baik. Dan persiapan tersebut sebenarnya untuk melindungi diri anda sendiri.

Gunakanlah pakaian dengan tepat seperti memakai pakaian kemeja lengan panjang dan celana dan untuk menjaga kaki anda dan gunakan sarung tangan saat memandikan kucing, karena memandikan kucing berbeda dengan cara memandikan anjing. Jika anda sering memandikan anjing seperti membasuh secara langsung mereka dengan air dalam kamar mandi atau menyeburkannya kedalam bak mandi, maka hal tersebut tidak bisa diterapkan dalam cara memandikan kucing.

Cara memandikan kucing haruslah menggunakan tempat yang nyaman untuk Anda sendiri sebelum anda memandikan kucing anda. Anda bisa menggunakan bak mandi dan pilihlah posisi yang nyaman buat anda. Apakah Anda bisa bersandar di atas bak mandi saat memandikannya, atau jika anda menggunakan wastafel, perhatikan seberapa tinggi kerannya.

Memang tempat yang ideal adalah wastafel dapur yang ukurannya besar dan terdapat sprayer nozzlenya. Namun, jika anda memandikannya pada wastafel dapur, kebanyakan dapur tidak memiliki pintu dan pintu itu penting untuk dapat membatasi kucing melompat dan lari.

Menjadi sangat mudah bagi anda untuk memahami cara memandikan kucing,  jika memandikan kucing tersebut dilakukan dengan bantuan orang lain yang memahami kucing. Terkadang hal yang menjadi sulit saat memandikan kucing adalah ketika kucing melawan ketika hendak dimandikan.

Sebaiknya Kucing yang akan dimandikan tersebut dipegang oleh orang yang sudah biasa dekat dengannya atau bisa dibilang sudah jinak. Yang perlu dilakukan adalah orang tersebut menenangkan kucing ketika akan dimandikan, kemudian satu orang lainnya yang memberikan shampo kepada kucing hingga selesai dilakukan pembilasan.

Jadi setelah anda telah menemukan tempat untuk memandikan Kucing, Sediakan juga sedikit air didalam wadah yang akan digunakan untuk memandikan kucing tersebut. Bawalah kucing anda kedalam ruangan tersebut serta jangan lupa menutup pintu. Mandikan kucing secepat mungkin dan kemudian gunakan sampo dengan hati – hati agar tidak terkena wajahnya. Jika terkena shampo pada wajah mereka, maka hal tersebut akan menakutkan mereka, sehingga mereka akan marah pada saat berada ditangan Anda. Untuk penggunaan shampo kucing sebaiknya silahkan anda ikuti petunjuk pada label sampo kucing tersebut.

Pada saat anda memandikan kucing dan anda melihat ada terdapat bagian yang kotor pada salah satu bagian tubuh Kucing tersebut, maka saat anda memandikan kucing tersebut, fokuslah pada daerah yang kotor saja, bersihkan dengan air dan sampo. Jika kucing terkena cat yang membuat kucing merasa tidak nyaman, sebaiknya anda lebih bersabar dalam membersihkannya.

Pastikan Anda menghindarkan air terkena langsung pada wajah kucing. Ketika Anda mencuci pada bagian sekitar telinga, kemudian cuci semua sampo secara menyeluruh, biasanya cukup dua kali bilas saja busanya sudah hilang.

Cara Memandikan Kucing Tanpa Hairdryer

Gunakan handuk yang tebal untuk membungkus Kucing anda setelah dimandikan. Tempatkan mereka pada tempat yang kering. Jika anda memiliki sebuah ruang pemanas di daerah kamar mandi, maka itu akan lebih baik untuknya dan anda bisa meninggalkan kucing untuk sementara weaktu.

Pengering rambut bisa digunakan untuk mengeringkan anjing, namun kucing tidak menyukai suara berisik dari pengering rambut tersebut. Walaupun demikian anda harus tetap mengeringkan mereka, sebelum membiarkan mereka dilepaskan rumah, karena dengan bulu yang masih basah, kucing anda akan kedinginan dan kebanyakan kucing rentan terhadap penyakit pilek.

Setelah kucing anda kering, maka cara memandikan kucing anda telah berhasil. Beberapa kucing memang sangat keras kepala saat mau dimandikan dan sebagian kucing memang menikmati pengalaman mandi tersebut. Jika Kucing anda merasa tertekan pada saat mau dimandikan, bisa memandikannya melalui klinik hewan, mereka akan memberikan kucing obat penenang untuk menenangkan mereka selama proses mandi.

Perawatan Gigi Kucing

Melakukan perawatan terhadap kucing dan anak kucing memang menyenangkan bagi anda menyukai kucing tentunya, hal tersebut berdampak penting untuk membantu itu kucing sendiri dan menjaga kesehatan kucing menjadi lebih baik. Sebelum anda memandikan kucing yang terpenting anda telah memahami cara perawatan dan cara memandikan kucing dengan benar agar kucing juga merasa nyaman saat dimandikan.

Kesehatan gigi kucing merupakan hal yang harus diperhatikan, coba anda perhatikan ketika kucing menghendus napas, jika terdapat aroma busuk dari mulut, maka hal itu bisa saja terlah terjadi permasalahan pada perut kucing atau terdapat penyakit yang memerlukan dokter hewan untuk dilakukan perawatan.

Angkatlah dengan lembut dan perlahan bibir kucing anda dan lihatlah gusinya. Gusi sehat umumnya agak kemerahan, bersihkan lah gigi hingga noda cokelat hilang. Jika gusi bengkak berwana merah atau warna putih, bisa saja telah terjadi permasalahan pada gusi kucing. Perhatikan juga bagian luar, jika terdapat garis merah gelap di garis gusi, atau gusi merah, bengkak, radang gusi atau lidah, terdapat nanah, gigi goyang,  masalah pada saat mengunyah, terdapat banyak air liur atau kucing mengais-ngais di daerah mulut.

Jika kucing anda memiliki tanda seperti tersebut diatas maka anda memerlukan dokter hewan untuk memeriksakan kucing kesayangan anda. Banyak orang tidak tahu bahwa gusi kucing bisa membengkak.

Pasta Gigi Kucing

Mencegah penyakit gusi tentu lebih baik. Anda cukup dengan secara teratur membersihkan gigi mereka. Periksakanlah kucing dengan dokter hewan jika terdapat radang gusi, karena kucing dan anak kucing sangat rentan terhadap hal tersebut. Karena jika gusi yang meradang akan membuat sakit ketika anda menyikatkan gigi mereka.

Sebaiknya anda hanya menggunakan sikat dan pasta gigi khusus kucing, anda bisa meminta dokter hewan untuk merekomendasikan merek apa yang baik untuk kucing anda. Pasta gigi yang biasa Manusia gunakan tidak bisa digunakan pada kucing karena dapat merusak kesehatan kucing. Begitu juga dengan sikat gigi yang manusia gunakan tidak bisa digunakan kepada kucing, karena sikat gigi tersebut terlalu besar dan kasar. Gunakanlah Pasta gigi khusus buat kucing dan sikat gigi khusus buat kucing, bahkan ada sikat gigi untuk kucing modelnya menempel pada jari anda.

Untuk mulai menyikat gigi kucing, anda bisa memulainya dengan menyentuh dengan lembut bagian gusi kucing dengan jari-jari anda atau bisa juga menggunakan cotton bud. Sentuhlah beberapa kali. Kemudian, biarkan kucing merasa pasta gigi kucing, dengan mengolesi sedikit pasta gigi kucing pada bibir kucing. Selanjutnya secara bertahap anda perkenalkan atau merasakan sikat gigi kucing, kemudian dengan lembut anda sikat gigi kucing anda dengan pasta gigi kucing tersebut.

Berikan mainan untuk mengunyah yang diberikan tim kesehatan gigi, Hal tersebut akan berguna jika anda hanya memberikan makanan kaleng atau kantong.

Memandikan Kucing Berapa Hari Sekali

Sebagian besar anak kucing dan kucing bisa membersihan dirinya sendiri, akan tetapi mereka lebih mendapatkan manfaat jika anda turut membantu melakukannya. Biasanya kucing menyikat menghilangkan kotoran bisa dengan minyak alami dari kulitnya.

Jika anda mau membantu kucing anda menyikat bulunya anda bisa menggunakan kuas cat khusus, Atau anda bisa meminta saran dari dokter hewan Anda. Jika kucing anda dengan model bulu yang pendek bisa menyikat kucing sekali atau dua kali dalam seminggu  atau sesuai yang disarankan oleh dokter hewan Anda.

Jika anda memiliki kucing dengan bulu – bulu yang panjang anda bisa menyikatnya setiap hari karena dengan bulu kusut itu akan mengganggu mereka. Jangan biarkan bulu kucing menjadi kusut.
Jangan pernah anda menarik bulu kucing, karena ini menyakitkan dan menegangkan bagi kucing dan ini akan menyebabkan bulu kucing menjadi kusut.

Masalah bulu kucing menjadi sagat penting, ketika kucing menelan bulu terlalu banyak maka kucing mungkin akan muntah dengan gumpalan bulu, atau meyebabkan mereka diare. Dan terdapat gumpalan pada kotorannya. Lakukan perawatan rutin hingga dapat mencegah hal tersebut terjadi. Jika hal tersebut terjadi pada kucing anda, maka anda harus membawa mereka ke dokter hewan, supaya dokter hewen memberikan produk untuk mengatasi masalah tersebut. Perlu diketahui muntah atau diare ini tidak baik untuk kesehatan kucing.

Sebenarnya memandikan kucing hanya diperlukan jika mereka telah bersentuhan dengan zat yang berminyak, Karena ketika terdapat minyak yang terlalu banyak ditubuh kucing maka akan sangat sulit bagi kucing menjilati bulu - bulunya.

Jika anda perlu  memandikan kucing sebaiknya anda mengikuti cara memandikan kucing dengan benar, seperti menggunakan sampo khusus buat kucing, penggunaan sampo manusia dapat mengiritasi kulit kucing. Tanyakan pada dokter hewan dengan segera jika kucing terkontaminasi dengan bahan kimia, seperti kucing berguling pada cat yang masih basah. Tentu akan sangat berbahaya jika kucing menelan bahan kimia dengan cara menjilati bulu mereka, karena mereka berusaha membersihkan diri mereka sendiri.

Video Cara memandikan kucing :