Minggu, 23 Juni 2019

Kapan Waktu yang Paling Baik untuk Konsumsi Karbohidrat?

Saat mencoba mempertahankan berat badan ideal atau mengurangi berat badan, karbohidrat adalah hal yang umum untuk dihindari. Meski begitu, karbohidrat adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan karenanya tidak boleh sepenuhnya kamu hindari.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa, daripada kamu mengurangi asupan dalam bentuk jumlah yang banyak, lebih penting dan baik untuk memilih waktu yang tepat untuk mengkonsumsinya. seperti yang pernah dilansir oleh merdeka.com pada Sabtu, 22 Juni 2019.

Salah satu hal terpenting adalah pertama-tama mengenali sumber karbohidrat.

sumber gambar : pixabay.com


Karbohidrat adalah sumber bahan bakar dan energi bagi tubuh. Karbohidrat itu sendiri dapat dibedakan menjadi senyawa sederhana dan kompleks, sehingga diferensiasi mereka dapat membantu Anda menentukan diet mana yang tepat untuk Anda.

Karbohidrat sederhana berkonsentrasi pada satu atau dua molekul gula seperti madu, jus buah, gula dan susu. Di sisi lain, karbohidrat kompleks terdiri dari tiga atau lebih molekul gula, seperti gandum, kuinoa, beras merah dan kentang manis.

Jika Anda membutuhkan sumber energi yang tepat, konsumsilah karbohidrat sederhana. Meski begitu, Anda tidak boleh berlebihan dan cukup mengonsumsi.

Dikutip dalam Daily Medical, disebutkan bahwa sebenarnya, sudah saatnya mengonsumsi karbohidrat untuk menurunkan berat badan. Namun, sejumlah penelitian tidak selalu menyebutkan waktu yang tepat.

Satu studi menemukan bahwa karbohidrat hanya boleh dimakan saat makan malam. Dalam studi tersebut, diketahui bahwa orang yang makan karbohidrat saat makan malam dapat melihat penurunan berat badannya, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi setiap kali makan.

Hasil penelitian ini sayangnya rusak oleh penelitian lain. Sebuah penelitian terhadap 58 pria gemuk mengatakan bahwa mereka masih bisa menurunkan berat badan meski mengonsumsi karbohidrat saat makan siang dan malam hari.

Penelitian lain mengungkapkan bahwa makan karbohidrat di pagi hari lebih ideal untuk membakar lemak. Hasil ini tentu sangat berbahaya dibandingkan sebelumnya dan membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahuinya.

Gaya hidup dan kondisi tertentu setiap orang dapat menjadi faktor penentu dalam waktu ideal untuk mengonsumsi karbohidrat. Satu hal yang tampaknya perlu diperhatikan dalam beberapa penelitian adalah membatasi asupan ini jika Anda ingin menurunkan berat badan.