Jumat, 29 November 2019

Kecukupan Gizi sangat penting bagi tubuh

Nutrisi bagi tubuh sangatlah penting bagi kesehatan dan pertumbuhan. Bukan hanya penting bagi anak,namun juga sangat penting dan berpengaruh pada kesehatan orang dewasa.

Seperti yang pernah dilansir oleh merdeka.com pada hari Rabu tanggal 13 November 2019 yang lalu.

Asupan protein hewani sangat berguna bagi pertumbuhan maupun perkembangan dan kesehatan si kecil dan hal tersebut merupakan penjelasan dari profesor Dr dr saptawati bardosono MSC. Beliau adalah pakar gizi dari Universitas Indonesia.

Bagi orang yang sudah dewasa Dengan meminum susu dua kali sehari dan tetap menerapkan pola makan yang seimbang baik pemeliharaan fungsi dan jaringan kesehatan seperti otot rangka ginjal otak jantung hati dan usus.

sumber gambar : pixabay.com

Namun harus diperhatikan bahwa mengkonsumsi protein yang melebihi dari batas yang aman akan mendapatkan efek negatif bagi kesehatan anda.

Memang mengkonsumsi protein hewani itu baik,  namun kita juga harus memakan makanan seperti karbohidrat, serat dan protein nabati.

Mengkonsumsi makanan tersebut haruslah ada batasnya karena protein yang masuk dan dicerna oleh usus, hati dan dikeluarkan oleh ginjal, jika kebanyakan 3 organ ini sangat berat kerjanya yang akan mengakibatkan banyak gangguan.

Metabolisme tubuh


Holisme tubuh kita alurnya seperti berikut dibawah ini:

1. Mula-mula protein dimulai di perut kemudian protein akan menjadi peptida.

2. Kemudian enzim yang melakukan pencernaan protein akan menyalurkan zat dari pankreas ke usus kecil Anda.

3. Yang sangat penting adalah fungsi hati berperan  membagi asam amino kebagian - bagian di tubuh.

4. Asam amino akan diserap dari usus kecil yang akan dibawa ke aliran darah.

5. Di dalam usus kecil juga berbagai enzim akan memecah peptida yang lebih besar dan akan menjadi asam amino juga.

6. Namun sebagian kecil protein akan hilang dalam bentuk feses anda.

Maka jika anda mengkonsumsi protein berlebihan akan banyak sekali gangguan perut akan menjadi tidak nyaman dan ginjal dan hati akan sangat keras kerjanya. Untuk mengetahuinya maka harus dilakukan pemeriksaan di laboratorium.

Mencukupi kebutuhan gizi asupan protein hewani memang sangat penting. Namun harus dibatasi dan ditakar agar menjadikannnya untuk masa pertumbuhan dan perkembangan akan lebih baik. Jadi tidak boleh mengkonsumsi begitu berlebihan dan kekurangan yang akan berdampak negatif.

1 komentar: